Demam Berkepanjangan? Waspada Penyakit Ini!

Demam merupakan salah satu gejala penyakit yang umum terjadi di tubuh manusia. Namun, bagaimana jika demam yang dialami oleh seseorang ini berkepanjangan? Atau selalu naik turun, wajarkah? Seperti ketika hari ini demam, dan besoknya sudah reda lagi, namun lusa demam lagi? Tentu saja ini bukan gejala penyakit yang wajar. Seharusnya, penyakit seperti ini diwaspadai dan harus dikenali penyebabnya. Seperti beberapa penyebab demam berkepanjangan di bawah ini.


1. Demam Berdarah
Virus dengue yang menginfeksi seseorang untuk terkena demam berdarah ini memang akan menyebabkan gejala deman yang naik turun atau demam berkepanjangan. Gejala demam pada kasus demam berdarah ini akan selalu naik dan turun pada hari ke dua hingga hari ke tujuh. Tentu saja, demam ini akan sangat mengganggu hingga demam tinggi pada puncaknya. Penderita yang terkena demam berdarah akan mengalami tubuh yang lemah, lesu, menggigil dan mulai terlihat bintik kemerahan di kulitnya. Biasanya, keadaan ini akan semakin membaik setelah masa inkubasi terlewati. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 10 hari. Namun, puncak tertinggi demam bahkan bisa mencapai suhu 40 derajat celcius.

2. Tifus
Ini merupakan jenis penyakit yang sangat mudah ditularkan akibat adanya bakteri Salmonella. Biasanya, penyakit ini akan ditularkan oleh tempat yang buruk dan tidak bersih. Karena, bakteri tersebut dibawa oleh tikus dan ditularkan kepada manusia. Jika seseorang menderita penyakit ini, maka akan merasakan tubuh yang lemah, diare, sakit perut , mual, kehilangan nafsu makan hingga demam berkepanjangan. Pola demam ini akan selalu sama, dimana penderitanya akan merasakan demam yang selalu naik dan turun. Untuk itu, diperlukan penanganan medis yang tepat.

3. Malaria
Tidak jauh berbeda dengan penyakit demam berdarah, dimana penyakit malaria juga disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa sumber penyakit tersebut. Biasanya, penderita akan langsung terkena serangan penyakit ini setelah terkena gigitan dari seminggu hingga 15 hari ke depan. Gejala malaria dengan ke dua penyakit di atas hampir sama.

Nah, untuk itu jangan sepelekan gejala demam yang tidak kunjung sembuh. Cobalah tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Postingan terkait: