Ekspor Indonesia ke Thailand Jenis Produk Otomotif dan Strateginya

Perencanaan dan strategi yang matang dalam ekspor Indonesia ke Thailand perlu mendapatkan perhatian khusus. Meskipun telah diketahui bahwa Indonesia memiliki hubungan baik dengan Thailand sejak lama, bukan berarti kinerja dan performa yang diberikan stagnan. Namun, peningkatan kualitas pelayanan perlu diperhatikan.

Dari berbagai komoditi unggulan Indonesia, salah satu produk ekspor ke Thailand yang cukup stabil yaitu pada sektor otomotif. Dengan kata lain, produk otomotif dalam bentuk spare part juga perlu mendapat perhatian untuk meningkatkan transaksi dan produksi dalam negeri.

Untuk saat ini, memang kondisi produk otomotif ekspor Indonesia ke Thailand berada pada posisi cukup aman. Bagaimana pun Thailand memiliki beberapa industri yang cukup optimis pada praktiknya dalam pembuatan mobil jadi. Dengan demikian, kebutuhan spare part dan bagian mobil lainnya biasanya diimpor dari Indonesia.

Adapun produk otomotif unggulan hasil produksi Indonesia yang di ekspor ke Thailand antara lain berupa spare part untuk kendaraan bermotor dalam berbagai bentuk. Untuk menjaga kestabilan produksinya, Indonesia melakukan hal sebagai berikut;

Peningkatan Sistem Sertifikasi Pengujian
Adapun salah satu pertimbangan yang dianggap cukup penting sebagai strategi penguatan produk otomotif untuk ekspor Indonesia ke Thailand yaitu peningkatan sistem sertifikasi pengujian. Kebijakan tersebut didasari oleh selama ini mayoritas sertifikasi pengujian dilakukan di luar negeri. 

Tentunya hal tersebut cukup disayangkan dari segi materil. Apabila Indonesia mampu mengatasi dengan memfasilitasi sertifikasi pengujian mobil secara mandiri, maka akan memberikan peluang peningkatan ekonomi lebih tinggi.

Memfasilitasi Uji Komponen
Sebagaimana dengan banyaknya pendistribusian produk komponen otomotif yang dihasilkan oleh Indonesia hingga ke kancah internasional, fasilitas uji komponen akan menjadi kabar baik. Dengan demikian, kualitas produk otomotif hasil produksi dalam negeri memiliki nilai lebih tinggi. Selain itu, kualifikasi pekerja dalam negeri dengan sistem yang canggih dan berstandar internasional akan memberikan dampak positif pada berbagai sektor.

Pemasaran Produk Komponen After Market
Kebanyakan pihak berfokus pada strategi pemasaran barang jadi dalam bentuk mobil yang telah diproduksi. Oleh karena itu, perhatian kepada produk komponen pada after market juga diperlukan. Salah satu pasar potensial pemasaran produk komponen kendaraan yaitu Thailand. Dengan demikian, detail pada bagian ini juga akan memiliki dampak yang cukup berpengaruh dalam menjaga kestabilan ekspor.

Memfasilitasi Riset Perkembangan Teknologi
Bidang inovasi dan riset teknologi pada industri otomotif memiliki peran cukup penting. Adapun pengaplikasian kecanggihan teknologi pada komponen kendaraan pastinya akan memberikan nilai lebih daripada komponen pada umumnya. 

Kehadiran fitur terbaru pada setiap komponen trut menjadi daya tarik khusus kepada konsumen. Apalagi target pasar yaitu kelas internasional. Adapun strategi pemasaran yang baik dapat menjadi bekal meningkatkan ekspor Indonesia ke Thailand.

Postingan terkait: